Pengembangan perangkat lunak dan gim adalah salah satu bidang yang semakin populer dan penting dalam dunia teknologi informasi. Dengan kemajuan teknologi yang pesat, permintaan untuk pengembang perangkat lunak dan gim yang berkualitas juga semakin meningkat.
Pengembangan perangkat lunak adalah proses pembuatan, pengujian, dan pemeliharaan perangkat lunak yang digunakan dalam komputer atau sistem komputer lainnya. Proses ini melibatkan pemrograman, analisis kebutuhan pengguna, desain antarmuka pengguna, dan pengujian perangkat lunak.
Sementara itu, pengembangan gim adalah proses pembuatan gim atau permainan komputer. Gim komputer dapat berupa gim video, gim ponsel, gim web, atau gim lainnya. Proses pengembangan gim melibatkan perancangan konsep, pemrograman, pengujian, dan distribusi gim kepada pengguna.
Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Republik Indonesia. Kurikulum ini bertujuan untuk memberikan kebebasan bagi sekolah dan guru dalam merancang kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa.
Dalam Kurikulum Merdeka, pengembangan perangkat lunak dan gim telah menjadi bagian dari pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau Madrasah Aliyah (MA) kelas 10. Pelajaran ini bertujuan untuk mengenalkan siswa dengan dasar-dasar pengembangan perangkat lunak dan gim.
Dalam pelajaran ini, siswa akan mempelajari konsep dasar pemrograman, seperti pengenalan bahasa pemrograman, sintaksis, variabel, dan logika pemrograman. Mereka juga akan mempelajari prinsip desain antarmuka pengguna yang baik, termasuk penggunaan warna, tata letak, dan interaksi pengguna.
Selain itu, siswa juga akan diajarkan tentang proses pengembangan perangkat lunak dan gim, termasuk analisis kebutuhan pengguna, perancangan sistem, pengujian, dan pemeliharaan. Mereka akan belajar menggunakan perangkat lunak pengembangan, seperti Integrated Development Environment (IDE), untuk membuat perangkat lunak dan gim.
Dalam pengembangan gim, siswa akan belajar tentang konsep dasar gim, seperti gameplay, grafis, suara, dan kontrol. Mereka juga akan mempelajari teknik pemrograman khusus untuk pengembangan gim, seperti fisika gim, kecerdasan buatan, dan efek visual.
Selama pelajaran, siswa akan diberikan tugas-tugas praktikum untuk mengembangkan perangkat lunak dan gim sederhana. Tugas-tugas ini akan melibatkan pemrograman, desain antarmuka pengguna, dan pengujian. Melalui tugas-tugas ini, siswa akan belajar menerapkan konsep dan keterampilan yang mereka pelajari dalam pengembangan perangkat lunak dan gim.
Pengembangan perangkat lunak dan gim merupakan bidang yang menjanjikan di masa depan. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari pelajaran ini, siswa dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau langsung bekerja dalam industri teknologi informasi dan komunikasi.
Dalam era digital ini, pengembangan perangkat lunak dan gim menjadi semakin penting. Permintaan untuk perangkat lunak dan gim berkualitas tinggi terus meningkat. Oleh karena itu, pelajaran tentang dasar-dasar pengembangan perangkat lunak dan gim di tingkat SMK-MA kelas 10 Kurikulum Merdeka sangat relevan dan bermanfaat bagi siswa.
Hak Cipta pada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Dilindungi Undang-Undang
Penafian: Buku ini disiapkan oleh Pemerintah dalam rangka pemenuhan kebutuhan buku pendidikan yang bermutu, murah, dan merata sesuai dengan amanat dalam UU No. 3 Tahun 2017. Buku ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Buku ini merupakan dokumen hidup yang senantiasa diperbaiki, diperbarui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari berbagai kalangan yang dialamatkan kepada penulis atau melalui alamat surel buku@kemdikbud.go.id diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku ini.
Reviews
There are no reviews yet.