Download Buku Panduan Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk SD-MI Kelas 3 Kurikulum Merdeka
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) merupakan salah satu mata pelajaran yang penting dalam kurikulum pendidikan di tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI). PJOK memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan karakter dan kesehatan siswa. Oleh karena itu, buku panduan guru PJOK yang komprehensif dan sesuai dengan kurikulum yang berlaku sangat diperlukan.
Salah satu buku panduan guru PJOK yang terkini dan dapat dijadikan referensi bagi guru PJOK di tingkat SD-MI kelas 3 adalah “Buku Panduan Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk SD-MI Kelas 3 Kurikulum Merdeka”. Buku ini dikembangkan oleh tim ahli dalam bidang PJOK dan disesuaikan dengan Kurikulum Merdeka yang diterapkan di Indonesia.
Buku ini terdiri dari beberapa bab yang mencakup berbagai aspek penting dalam pembelajaran PJOK di tingkat SD-MI. Setiap bab dijelaskan secara rinci dan terstruktur, sehingga memudahkan guru PJOK dalam menyusun rencana pembelajaran yang efektif dan menarik bagi siswa. Beberapa bab yang terdapat dalam buku ini antara lain:
- Pengenalan PJOK: Bab ini memberikan pengenalan tentang pentingnya PJOK dalam pembentukan karakter siswa dan menjelaskan tujuan serta manfaat pembelajaran PJOK di tingkat SD-MI.
- Kompetensi Pembelajaran: Bab ini menjelaskan kompetensi yang harus dicapai oleh siswa dalam pembelajaran PJOK di kelas 3. Kompetensi tersebut meliputi aspek fisik, keterampilan, pengetahuan, dan sikap.
- Rencana Pembelajaran: Bab ini memberikan contoh-contoh rencana pembelajaran PJOK yang dapat digunakan oleh guru. Rencana pembelajaran disusun berdasarkan kompetensi yang harus dicapai oleh siswa dan mencakup berbagai jenis olahraga dan permainan yang sesuai dengan perkembangan fisik dan psikologis siswa kelas 3.
- Evaluasi Pembelajaran: Bab ini menjelaskan tentang metode evaluasi yang dapat digunakan oleh guru untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa dalam pembelajaran PJOK. Terdapat contoh-contoh soal dan instrumen evaluasi yang dapat digunakan oleh guru.
- Penerapan Nilai-Nilai Karakter: Bab ini menjelaskan tentang pentingnya penerapan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran PJOK. Buku ini memberikan contoh-contoh aktivitas dan permainan yang dapat dilakukan oleh guru untuk membentuk karakter siswa.
Dengan adanya buku panduan ini, diharapkan guru PJOK dapat lebih terbantu dalam menyusun dan melaksanakan pembelajaran PJOK yang kreatif, efektif, dan sesuai dengan kompetensi yang harus dicapai oleh siswa. Selain itu, buku ini juga dapat menjadi referensi yang berguna bagi calon guru PJOK dalam mempersiapkan diri sebelum mengajar di tingkat SD-MI kelas 3.
Dalam era Kurikulum Merdeka yang menekankan pada pembelajaran berbasis kompetensi dan karakter, buku panduan guru PJOK ini menjadi panduan yang penting bagi guru PJOK dalam melaksanakan tugasnya. Dengan demikian, diharapkan pembelajaran PJOK di tingkat SD-MI kelas 3 dapat memberikan kontribusi yang positif dalam pembentukan karakter dan kesehatan siswa.
Penafian: Buku ini disiapkan oleh Pemerintah dalam rangka pemenuhan kebutuhan buku pendidikan yang bermutu, murah, dan merata sesuai dengan amanat dalam UU No. 3 Tahun 2017. Buku ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Buku ini merupakan dokumen hidup yang senantiasa diperbaiki, diperbarui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari berbagai kalangan yang dialamatkan kepada penulis atau melalui alamat surel buku@kemdikbud.go.id diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku ini.
PENERBIT:
Pusat Perbukuan
Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
Kompleks Kemdikbudristek Jalan RS. Fatmawati, Cipete, Jakarta Selatan
https://buku.kemdikbud.go.id
Cetakan pertama, 2022
Reviews
There are no reviews yet.