Cara Pakai Zoom Cloud Meetings di PC atau Laptop

Langkah 1 – Unduh Aplikasi Zoom Cloud Meetings for PC

Pertama kali kamu unduh dan pasang aplikasi Zoom Cloud Meetings for PC.

Langkah 2 – Pasang Aplikasi Zoom Cloud Meetings for PC

Pasang aplikasi pada PC atau laptop kamu hingga muncul tampilan awal seperti pada di bawah ini. Kamu bisa langsung Join Meeting tanpa membuat akun Zoom.
Jaka sarankan kamu memilih opsi Sign In untuk membuat akun Zoom dan mempermudah kamu melakukan rapat online dalam aplikasi ini.

Langkah 3 – Buat Akun Zoom

Di sini kita akan menggunakan akun Zoom yang terhubung dengan email kerjaan dengan Sign In with Google.
Kamu juga bisa memilih opsi lain, misal mendaftar dengan email pribadi, Sign In with Facebook, dan Sign In with SSO.

Langkah 4 – Berhasil Masuk Zoom

Tunggu beberapa saat hingga kamu dialihkan ke tampilan awal aplikasi Zoom. Di sini kamu bisa memilih opsi Join untuk bergabung dengan meeting yang sudah ada.
Kamu juga bisa membuat meeting baru dengan ketuk pada opsi New Meeting.

Langkah 5 – Join Meeting Zoom

Saat kamu memilih opsi Join Meeting, maka kamu harus memasukkan Meeting ID dan nama kamu. Selain itu ada juga beberapa pengaturan tambahan, misal Do not connect to audio untuk mematikan suara dan Turn off my video untuk menonaktifkan kamera. Terakhir tinggal klik Join.

Langkah 6 – New Meeting Zoom

Saat kamu memilih opsi New Meeting, maka kamu akan dialihkan ke tampilan seperti berikut.

Langkah 7 – Tambahkan Peserta Rapat Online

Kamu bisa memilih opsi Invite untuk menambahkan peserta rapat online melalui pesan email atau link yang bisa dibagikan ke rekan kerja. Selain itu, kamu juga bisa membagikan Meeting ID dan Password dengan klik pada ikon “i” pada pojok kiri atas.

Langkah 8 – Meeting Online Berhasil

Nah, beginilah tampilan saat rekan kerja kamu berhasil bergabung dengan ruangan meeting kamu dalam aplikasi Zoom. Untuk versi gratisnya, Zoom menyediakan ruangan dengan batas waktu selama 40 menit dengan 16 peserta di dalamnya. Untuk keluar atau menyelesaikan meeting, kamu tinggal klik opsi End Meeting pada bagian pojok kanan bawah.